Logo Bloomberg Technoz

Xiaomi Coba Usik Apple & Samsung, Duo Raja Pasar Ponsel Dunia

Redaksi
08 August 2024 12:45

Xiaomi 14 Ultra. (Dok: Bloomberg)
Xiaomi 14 Ultra. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pasar smartphone kuartal II-2024 masih tumbuh 12% dengan perangkat Samsung Electronics Co masih menjadi pemimpin pasar. Raihan pengiriman perangkat Samsung mencapai 53,5 juta atau jadi yang tertinggi di dunia. Meski demikian Xiaomi asal China mencatatkan pertumbuhan paling tinggi sepanjang kuartal II.

Lembaga penelitian Canalys menyatakan perangkat HP smartphone Samsung tetap menguasai pangsa pasar di seluruh dunia dengan kenaikan 1% dibandingkan pengiriman 53 juta unit selama periode April-Juni tahun lalu. 

HP Smartphone Samsung Terbaru 2024. (Dok: Bloomberg)

Dari total pengiriman 288,9 juta unit smartphone seluruh merek, perangkat buatan Samsung menyumbang sekitar 19%. Pangsa pasar Samsung sejatinya menurun dibandingkan periode yang sama tahun lalu 21%.

Canalys melaporkan capaian Samsung tidak lepas dari ponsel high-end perusahaan. Smartphone seri A dengan teknologi 5G juga membuat kinerja Samsung bertahan.

Urutan kedua ada iPhone milik Apple Inc dengan raihan 45,6 juta unit pengiriman. Smartphone iPhone mendapat ‘angin segar’ dari pasar di Amerika Utara dan negara–negara berkembang Asia Pasifik.