Logo Bloomberg Technoz

Pendiri Kakao Didakwa atas Manipulasi Saham SM

News
08 August 2024 11:50

Brian Kim, tengah, tiba di Pengadilan Distrik Selatan Seoul pada 22 Juli. (Fotografer: SeongJoon Cho/Bloomberg)
Brian Kim, tengah, tiba di Pengadilan Distrik Selatan Seoul pada 22 Juli. (Fotografer: SeongJoon Cho/Bloomberg)

Shinhye Kang dan Jenny Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Jaksa penuntut Korea Selatan (Korsel) telah mendakwa pendiri Kakao Corp, Brian Kim, atas tuduhan manipulasi saham, yang mengawali kasus penting yang mengguncang industri K-Pop di Korsel. Jaksa secara resmi mendakwa pengusaha tersebut atas tuduhan pelanggaran pasar saat pertempuran pengambilalihan perusahaannya terhadap SM Entertainment Co, kantor berita Yonhap melaporkan pada Kamis (8/8/2024).

Kim diduga terlibat dalam upaya untuk membeli saham SM di atas tawaran saingannya sebesar 120.000 won (US$87) dari agensi BTS, Hybe Co, agensi tersebut melaporkan. Para eksekutif melakukan dugaan manuver tersebut selama empat hari, pada pertengahan Februari 2023 dan juga di akhir bulan itu, kata Yonhap, mengutip jaksa penuntut.

Miliarder yang menciptakan platform media sosial yang dominan di Korsel ini menjadi pusat dari salah satu kasus korporat yang paling sensasional dalam beberapa tahun terakhir. Kim ditangkap pada Juli atas dugaan keterlibatannya dalam dugaan skema tersebut. Hal ini membuatnya menjadi eksekutif teknologi dengan profil tertinggi di balik jeruji besi sejak jaksa penuntut mengejar Jay Y Lee dari Samsung Electronics Co.

Hasil dari kasus ini dapat berimplikasi serius terhadap kerajaan bisnis senilai US$25 miliar yang mencakup beberapa perusahaan yang terdaftar dan banyak bidang internet. Kakao telah mengupayakan kesepakatan tersebut untuk mengamankan konten yang dibutuhkan untuk memperluas dominasinya di pasar, mulai dari musik dan belanja hingga pemesanan kendaraan.