Logo Bloomberg Technoz

Tiket Pesawat Dikaji, Garuda Dukung Revisi Tarif Batas

Pramesti Regita Cindy
08 August 2024 11:10

Dirut Garuda Indonesia,Irfan Setiaputra (Bloomberg Technoz)
Dirut Garuda Indonesia,Irfan Setiaputra (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) Irfan Setiaputra mengaku setuju terhadap rekomendasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait perubahan harga tiket pesawat, yang dapat berujung pada revisi Tarif Batas Atas (TBA) maupun Tarif Batas Bawah (TBB).

Irfan menekankan bahwa langkah ini penting untuk segera direalisasikan mengingat TBA sudah lima tahun tidak mengalami perubahan.

"[saya] setuju saja cuman yang jangka pendek sangat tergantung instansi lain. Sementara jangka panjang di bawah koordinasi Kemenhub. Mudah-mudahan [saja] bisa terealisasi segera, karena TBA sudah 5 tahun tidak ada perubahan," ujar Irfan kepada Bloomberg Technoz, Kamis (8/8/2024).

Oleh karena itu, Irfan menyoroti pentingnya koordinasi antara berbagai instansi guna memastikan kebijakan yang diambil bisa efektif, terlebih tekanan masyarakat adalah agar harga tiket turun.

Ilustrasi Garuda Indonesia. (Dimas Ardian/Bloomberg)

"Tekanan masyarakat pada harga tiket untuk turun. Kami setuju saja, tapi kami juga sudah menyampaikan struktur biaya penyebab harga tiket mahal. Karena harga tiket diregulasi, ya tentu kita tunggu perubahan regulasi tersebut," tegasnya.