Logo Bloomberg Technoz

Komentar lain menekankan bahwa meskipun dengan kenaikan tersebut, suku bunga riil akan tetap berada di bawah suku bunga netral, yang mengindikasikan pandangan bahwa kesinambungan kebijakan masih utuh secara keseluruhan.

"Karena tingkat suku bunga netral tampaknya setidaknya sekitar 1%, untuk menghindari kenaikan suku bunga kebijakan yang cepat, bank perlu menaikkan suku bunga kebijakan secara tepat waktu dan bertahap," ujar salah satu anggota.

Pada hari-hari setelah kenaikan suku bunga, pasar saham Jepang mengalami perubahan besar-besaran bersama dengan yen karena para pedagang mengantisipasi penyempitan kesenjangan suku bunga antara AS dan Jepang.

Pada Rabu, Deputi Gubernur Shinichi Uchida mengatakan bahwa BOJ tidak akan menaikkan suku bunga ketika pasar keuangan tidak stabil, sebuah kepastian yang membantu mendukung saham-saham dan membuat yen melemah.

Dalam ringkasannya, beberapa pihak menyerukan pendekatan yang hati-hati terhadap kebijakan suku bunga pada saat ekonomi masih rapuh. Hasil pemungutan suara untuk kenaikan suku bunga adalah 7 banding 2, dengan anggota dewan Toyoaki Nakamura dan Asahi Noguchi tidak setuju. Ringkasan tersebut tidak menyebutkan anggota dewan mana yang mengatakan apa.

"Penting untuk menilai dengan lebih hati-hati bagaimana situasi ekonomi telah membaik dengan kenaikan upah yang semakin meluas, berdasarkan data yang relevan karena ada banyak data yang menunjukkan perkembangan yang agak lemah, misalnya, tingkat pertumbuhan ekonomi dan konsumsi swasta," kata salah satu anggota.

Anggota lain tidak setuju dengan alasan indikator ekonomi yang lemah. "Hanya ada sedikit data yang mengonfirmasi pertumbuhan yang berkelanjutan dalam perekonomian Jepang pada saat ini," kata salah satu anggota. "Oleh karena itu, saya tidak setuju untuk menaikkan suku bunga kebijakan."

Mengenai pemangkasan pembelian bulanan utang negara oleh BOJ, salah satu anggota mengatakan bahwa akan membutuhkan waktu yang lama untuk menormalkan neraca bank dengan efek samping dari kepemilikan obligasi yang besar yang mungkin akan terus berlanjut.

(bbn)

No more pages