Logo Bloomberg Technoz

Bursa Jepang Turun Setelah Yen Menguat, Bursa AS Goyah

News
08 August 2024 08:15

Bursa saham. (Dok: Bloomberg)
Bursa saham. (Dok: Bloomberg)

Momoka Yokoyama - Bloomberg News

Bloomberg, Saham-saham Jepang turun, menghentikan reli dua hari, karena rebound yen dan penurunan cepat pada saham-saham AS meredam permintaan untuk aset-aset berisiko.

Indeks Nikkei 225 Stock Average turun 1,4% pada pukul 9:01 pagi di Tokyo, sementara indeks Topix yang lebih luas tergelincir 1,3%. Perusahaan-perusahaan teknologi termasuk Tokyo Electron Ltd membebani pasar setelah Nasdaq 100 turun lebih dari 1%.

Para eksportir terpukul setelah yen menguat sebanyak 0,7% terhadap dolar menyusul penurunan 1,6% pada Rabu. Para pedagang obligasi pemerintah bersiaga sebelum lelang utang bertenor 30 tahun, dengan kekhawatiran bahwa permintaan mungkin akan lemah.

"Nikkei 225 akan mulai lebih rendah," kata Takashi Ito, ahli strategi senior di Nomura Securities. "Jika kita mengasumsikan bahwa nilai tukar akan tetap tenang pada siang hari, pasar dapat mempersempit kerugian. Harga saham yang menguntungkan kemungkinan besar akan terlihat terutama pada saham-saham dengan hasil laporan keuangan yang baik."