Logo Bloomberg Technoz

Meta Rilis Obligasi Rp168 Triliun, Jadi Terbesar yang Pernah Ada

News
08 August 2024 07:41

Aplikasi grup Meta, WhatsApp, Facebook, FB Messenger, Instagram. (Dok: Bloomberg)
Aplikasi grup Meta, WhatsApp, Facebook, FB Messenger, Instagram. (Dok: Bloomberg)

Caleb Mutua -- Bloomberg News

Bloomberg, Meta Platforms Inc. menjual obligasi senilai US$10,5 miliar Rp168,3 triliun dengan peringkat investasi. Penjualan surat utang ini menjadi terbesar yang pernah ada, yang akan meningkatkan tumpukan uang tunainya karena perusahaan tersebut menghabiskan banyak uang untuk kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Perusahaan induk Facebook dan Instagram pada hari Rabu menawarkan obligasi dalam lima bagian untuk tujuan umum perusahaan, menurut seseorang yang mengetahui masalah tersebut. Bagian terpanjang dari kesepakatan tersebut, sekuritas 40 tahun, menghasilkan 1,3% di atas obligasi pemerintah setelah diskusi awal sekitar 1,55%, kata orang tersebut, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena rinciannya bersifat pribadi.

“Penjualan obligasi Meta merupakan tanda bahwa investasi mereka dalam AI tidak melambat dan kemungkinan akan meningkat selama beberapa tahun ke depan,” kata analis Bloomberg Intelligence Robert Schiffman dalam wawancara telepon. “Meta memiliki cukup banyak uang tunai, tetapi penggunaan modalnya lebih efisien untuk meminjam uang di pasar obligasi.”

Seorang perwakilan Meta tidak menanggapi permintaan komentar.