Logo Bloomberg Technoz

Pandemi Ubah Pekerjaan AS dari Kota Besar ke Pinggiran Kota Kecil

News
08 August 2024 05:15

Pekerja AS. (Dok: Bloomberg)
Pekerja AS. (Dok: Bloomberg)

Jonnelle Marte -- Bloomberg News

Bloomberg, Pandemi Covid-19 mengubah tempat tinggal dan kerja warga Amerika Serikat (AS), dengan semakin banyaknya lowongan pekerjaan yang pindah dari kota-kota besar ke wilayah metropolitan yang lebih kecil, menurut analisis Federal Reserve Bank of New York.

Daftar pekerjaan di wilayah kota pusat yang besar kini mencakup sekitar 38% dari total lowongan pekerjaan di seluruh negeri, turun dari 46% sebelum pandemi, kata para peneliti dalam sebuah posting blog yang diterbitkan pada hari Rabu. 

Porsi lowongan pekerjaan di wilayah metropolitan yang lebih kecil meningkat, dan porsi lowongan pekerjaan di wilayah metropolitan "pinggiran" di luar kota-kota besar di pusat kota tetap stabil, menurut penelitian tersebut.

“Penurunan terbesar dalam daftar lowongan pekerjaan berdasarkan pekerjaan terjadi di wilayah geografis terbesar dan terpadat, dan peningkatan terkuat dalam daftar lowongan pekerjaan berdasarkan pekerjaan terjadi di wilayah geografis yang lebih kecil dan berpenduduk lebih sedikit,” kata mereka.