Logo Bloomberg Technoz

Airlangga Bantah Isu Sunset pada Industri Tekstil di Indonesia

Pramesti Regita Cindy
07 August 2024 20:20

6 Masukan Pengusaha Selamatkan Industri Tekstil RI dari Krisis (Bloomberg Technoz/Asfahan)
6 Masukan Pengusaha Selamatkan Industri Tekstil RI dari Krisis (Bloomberg Technoz/Asfahan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut bahwa  industri tekstil belum mengalami fase sunset industry atau meredup. Hal ini sekaligus menjawab isu gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) yang kian masif pada industri tekstil.

Airlangga menampiknya dengan merujuk pada empat industri tekstil yang masih bergeliat di Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Kendal, Jawa Tengah.

"Ada 4 [industri yang masuk] dan salah satunya ada Fortune 500 Company, dan masing-masing pabrik mempekerjakan 4.000-7.000 orang," jelas Airlangga dalam pidatonya di KEK Kendal, dikutip dari siaran YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (7/8/2024).

Oleh sebab itu, Airlangga menyebut bahwa industri ini masih menarik, terlebih klaimnya hal ini dilakukan di KEK tersebut. "Jadi [industri ini] masih menarik untuk liber [kebebasan] insentif di kawasan ekonomi di Kendal, Jawa Tengah," ujarnya.

Melansir dari Investopedia, Fortune 500 merupakan daftar tahunan yang disusun oleh majalah Fortune, berisi 500 perusahaan terbesar di Amerika Serikat berdasarkan pendapatan dari tahun fiskal sebelumnya.