Logo Bloomberg Technoz

Kemenhub Siapkan 97 Bus Fossil untuk Upacara 17 Agustus di IKN

Pramesti Regita Cindy
07 August 2024 18:40

Ibu Kota Nusantara (IKN). (Dok. PUPR)
Ibu Kota Nusantara (IKN). (Dok. PUPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan 97 unit bus yang akan digunakan untuk kebutuhan transportasi sejumlah tamu pada perayaan dan upacara HUT RI Ke-79 di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Inspektur Jendera Risyapudin Nursin mengklaim telah melakukan kesiapan sarana transportasi darat untuk perayaan kemerdekaan perdana di kawasan IKN.

"Pada momen ini, Ditjen Hubdat turut serta mendukung dengan penyediaan 97 Bus Fossil yang rencananya akan beroperasi dari tanggal 10 sampai 18 Agustus 2024," kata Risyapudin dalam keterangan tertulisnya, dikutip Rabu (7/8/2024).

Dukungan tersebut, menurut dia sudah termasuk pengemudi, bahan bakar, dan pelaksanaan rampcheck. Seluruh armada bus akan dikirimkan secara bertahap Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju Pelabuhan Semayang Balikpapan, mulai 8 Agustus mendatang.

Bus-bus ini akan melayani tamu undangan umum, di luar dari tamu VVIP, dan beroperasi dengan sistem shuttle di area Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Selain itu, bus-bus ini juga akan digunakan sebagai angkutan antar jemput dari bandara ke hotel.