Logo Bloomberg Technoz

"Saat kita mengatakan [bahwa emiten tersebut akan] forced delisting, kita harus pastikan dulu siapa pihaknya yang memiliki saham. Itu menjadi satu kesatuan," Jelas Nyoman.

Kendati demikian, lanjut Nyoman, bursa akan terus memastikan dan melakukan peninjauan ulang terhadap emiten tersebut jika masih terdapat upaya penyehatan dan perubahan kinerja perseroan dalam hal kelangsungan usahanya.

Jika ada perubahan signifikan, pihaknya juga akan memberikan kesempatan kepada perusahaan tersebut, termasuk perubahan dari kasus hukum yang sedang menimpa emiten tersebut.

"Kalau likuidasi kan yang punya utang itu dapat dilakukan dengan kita mengeskalasi ke pihak penegak hukum yang lebih tinggi.

Hingga semester I 2024, BEI sendiri telah mencatatkan terdapat sebanyak 50 daftar saham yang berpotensi delisting, termasuk diantaranya saham PT Waskita Karya Tbk (WSKT) dan PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL).

Dari total itu, setidaknya ada sejumlah saham yang telah disuspensi lebih dari 24 bulan. Mereka adalah PT Cowell Development Tbk (COWL) yang telah di suspensi 42 bulan atau 3,5 tahun, PT Sugih Energy Tbk (SUGI) yang telah di suspensi 54 bulan atau selama 4,5 tahun,hingga PT Bliss Properti Indonesia Tbk (POSA) yang di suspensi 36 bulan.

Berikut 50 saham yang berpotensi delisting:

BTEL      RIMO    ENVY    DEFI       CPRI
HDTX    SIMA     POSA     MAGP    GAMA
NIPS      SKYB     UNIT     HOTL     HKMU
SUGI     SMRU    SRIL       JSKY      TECH
TRIO     TRAM    TDPM    LMAS     PLAS
ARMY    POWL   DUCK    PURE     GOLL
MYRX    COWL   FORZ    CBMF    JKSW
HOME    KRAH    KPAL    MTFN    KBRI
IIKP    MTRA    KPAS    WSKT    LCGP
MABA    NUSA    MAMI    BAPI    TRIL

(ibn/frg)

No more pages