Logo Bloomberg Technoz

Usai putusan hakim, kecil kemungkinan pengadilan dapat memaksa Apple membatalkan Google sebagai mitra pencarian sebagai salah satu solusi.

Salah satu skenarionya adalah Apple menyediakan pilihan mesin pencari yang berbeda. Para produsen perangkat HP ponsel dan browser web selanjutnya dapat memilih alternatif lain seperti Bing dari Microsoft atau DuckDuckGo.

Mesin pencari Google ( David Gray/Bloomberg)

Google Untung Miliaran Dolar AS

Kesepakatan bisnis Google dengan berbagai pihak seakan membuat unit bisnis dari Alphabet Inc ini menghabiskan dana dalam jumlah besar. Namun jika ditelusuri lebih jauh perusahaan justru menjadi penerima manfaat terbesar atas distribusi mesin pencarian eksklusif ini.

Metha menerangkan bahwa Google untuk menaikkan harga iklan teks tanpa hambatan persaingan yang berarti, sebuah argumentasi yang jadi salah satu pertimbangan tindakan monopoli pasar.

Saat mesin pencariannya ada di banyak outlet, Google mampu menguasai pasar. Selain itu, mendorong lebih dari US$300 miliar pendapatan tahunan yang sebagian besar dihasilkan oleh iklan pencarian.

Kekalahan Google = Kemenangan Pengguna

Jaksa Agung AS Merrick Garland menilai kekalahan google di meja persidangan menjadi kemenangan bersejarah rakyat. Departemen Kehakiman AS, diklaim Garland, akan terus menindak para pelanggar Undang-Undang Antimonopoli karena tidak ada pihak manapun yang hukum.

Google dinyatakan bersalah karena memonopoli iklan teks pencarian. Tampak dari beberapa perangkat dimana ada kemunculan pada bagian atas halaman dari hasil pencarian. Iklan teks pencarian terbukti menarik pengguna ke sebuah situs.

Namun untuk iklan penelusuran umum, Google tidak bersalah karena terdapat nama–nama lain seperti Amazon.com Inc, Walmart Inc, dan peritel lainnya yang sudah mulai menawarkan hal yang sama.

Google mengatakan bahwa mereka berencana untuk mengajukan banding atas keputusan Mehta. Perusahaan mencatat bahwa keputusan Mehta menyatakan bahwa Google adalah "mesin pencari terbaik di AS" dan memiliki "kualitas produk yang unggul" karena investasinya dalam inovasi. 

Apple 'Lirik' DuckDuckGo

Tahun lalu santer diberitakan Apple pernah menyatakan minat meminang DuckDuckGo sebagai mode pencarian privat pada browser Safari milik perusahaan, jauh sebelum keputusan hakim atas monopoli Google.Namun gagasan ini akhirnya ditolak petinggi perusahaan. Apple juga membuka diskusi terkait pembelian mesin pencarian Bing pada 2018 dan 2020.

Fakta itu terbuka dari transkrip kesaksian di pengadilan Washington, dimana CEO DuckDuckGo Gabriel Weinberg dan eksekutif Apple John Giannandrea terlibat dalam diskusi menjadikan DuckDuckGo sebagai mesin pencari default dalam mode penelusuran pribadi. Dalam mode ini, Safari tidak melacak situs web yang dikunjungi pengguna atau menyimpan riwayat situs-situs yang telah diakses pengguna.

Namun dari kesaksian Giannandrea justru menyatakan bahwa sepengetahuannya Apple tidak mempertimbangkan untuk beralih ke DuckDuckGo. Giannandrea bergabung dengan Apple sebagai kepala mesin pencarian pada tahun 2018.

Dalam sebuah email pada bulan Februari 2019 kepada para eksekutif Apple lainnya, Giannandrea mengatakan rencana beralih ke DuckDuckGo untuk penjelajahan pribadi di Safari mungkin merupakan ide yang buruk.

(wep)

No more pages