Logo Bloomberg Technoz

Saham Prajogo Pangestu TPIA Cetak Rekor All Time High

Muhammad Julian Fadli
07 August 2024 15:25

Komplek pabrik petrokimia PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA). (Dok Perusahaan)
Komplek pabrik petrokimia PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA). (Dok Perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Emiten Grup Barito milik Prajogo Pangestu, saham PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) berhasil pecah rekor harga tertinggi sepanjang masa (All Time High/ATH). Ini kesekian kalinya saham TPIA mencetak rekor.

Berdasarkan data Bloomberg, sejak pembukaan perdagangan tadi pagi saham TPIA bergerak lincah dengan melesat dengan kenaikan 725 poin atau setara dengan penguatan 7,49% ke posisi Rp10.400/saham.

Gerak Saham TPIA di Rabu 7 Agustus 2024 (Bloomberg)

Menariknya, level harga tertinggi sepanjang hari ini sentuh Rp11.225/saham yang juga merupakan level tertinggi sepanjang masa sejak melantai di Bursa Efek Indonesia. Emiten Petrokimia kepunyaan Prajogo Pangestu ini menggelar Initial Public Offering (IPO) pada 2008 silam.

Kenaikan itu tercapai setelah sebanyak 35,4 juta saham ditransaksikan dengan nilai mencapai Rp364,46 miliar. Adapun frekuensi transaksi yang terjadi sebanyak 10.794 kali.

Volume transaksi dari dominasi dan masifnya aksi beli juga menjadi yang tertinggi dibanding rata-rata volume transaksi selama 20 hari perdagangan saham, berdasarkan data Bloomberg.