Logo Bloomberg Technoz

BI Diramal Pangkas BI Rate 25 Bps Akhir Tahun, 2025 Makin Agresif

Azura Yumna Ramadani Purnama
07 August 2024 15:20

Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)
Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ekonom Mandiri Sekuritas memperkirakan Bank Indonesia (BI) akan memangkas suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin (bps) dan hanya dilakukan satu kali pada kuartal IV-2024. Namun, masih terdapat ruang pemangkasan yang lebih besar apabila Amerika Serikat (AS) mengalami atau hard landing pada tahun 2024.

“Tahun depan BI kami ekspektasikan akan cut lebih besar, karena tadi rupiah ada ruang penguatan yang lebih signifikan,” kata Kepala Ekonom Mandiri Sekuritas Rangga Cipta dalam Economic and Market Outlook di Kantornya, Rabu (7/8/2024).

Ia menjelaskan, beberapa data ekonomi yang diumumkan di AS menunjukkan pemburukan yang sangat cepat, sehingga pasar, dari sebelumnya memiliki narasi bahwa kebijakan Bank Sentral AS ‘Higher for Longer’, kini narasi pasar telah berubah menjadi melihat terdapat resesi yang mungkin terjadi pada negara itu.

Dengan demikian, pemburukan ekonomi AS tersebut memberikan angin segar bagi suku bunga global. Ia memprediksi, The Fed akan memangkas suku bunga acuannya sebanyak 2x sebesar 25 bps pada semester II-2024.

Atas ekspektasi pemangkasan bunga acuan The Fed yang terbuka tersebut, ia memprediksi bahwa nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan turut mengalami pembaikan juga.