Logo Bloomberg Technoz

Profil Cawapres Demokrat Tim Walz, Punya Hubungan dengan China

News
07 August 2024 15:10

Tim Walz, tengah, bersama Kamala Harris dalam acara kampanye di Philadelphia pada 6 Agustus. (Dok: Hannah Beier/Bloomberg)
Tim Walz, tengah, bersama Kamala Harris dalam acara kampanye di Philadelphia pada 6 Agustus. (Dok: Hannah Beier/Bloomberg)

Iain Marlow - Bloomberg News

Bloomberg, Kandidat wakil presiden dari Partai Demokrat Tim Walz memiliki hubungan dengan China sejak beberapa dekade lalu yang dapat membantu menginformasikan pendekatan Kamala Harris kepada negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia itu, tetapi juga dapat menimbulkan masalah dengan para pemimpin di Beijing dan Partai Republik di negara asalnya.

Gubernur Minnesota yang tidak terlalu dikenal ini pernah mengajar bahasa Inggris di Provinsi Guangdong, China selatan pada tahun 1989 dan 1990, yang membuatnya menjadi orang pertama dalam pencalonan presiden yang memiliki pengalaman tinggal di China sejak George HW Bush, yang menjabat sebagai duta besar AS di Beijing pada tahun 1970-an. Walz sering berbicara dengan penuh kasih sayang tentang orang-orang China.

"Jika mereka memiliki kepemimpinan yang tepat, tidak ada batasan untuk apa yang dapat mereka capai," katanya kepada surat kabar lokal setelah kembali dari China pada tahun 1990. "Mereka adalah orang-orang yang baik hati, murah hati, dan cakap."

Walz menikah pada ulang tahun kelima penumpasan militer di Lapangan Tiananmen tahun 1989 yang mematikan, dan istrinya, Gwen, mengatakan kepada surat kabar lokal bahwa "dia ingin mengadakan kencan yang akan selalu dikenangnya." Dia juga mengunggah di media sosial bahwa dia makan siang yang "mengubah hidup" dengan Dalai Lama, pemimpin spiritual Tibet yang diasingkan oleh China.