Logo Bloomberg Technoz

The Fed Diproyeksi Pangkas Suku Bunga Dua Kali Semester II 2024

Azura Yumna Ramadani Purnama
07 August 2024 13:35

The Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)
The Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ekonom PT Mandiri Sekuritas memperkirakan bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve akan mulai memangkas suku bunga acuan pada semester II-2024. Pemotongan diproyeksi berlangsung dua kali, masing-masing sebanyak 25 basis poin (bps).

Kepala Ekonom Mandiri Sekuritas Rangga Cipta menjelaskan ada tanda-tanda pelemahan ekonomi di AS yang searah dengan ekspektasi pasar bahwa pemangkasan suku bunga akan dilakukan pada September mendatang.

“Nah dari masyarakat memang kita melihat fat at least mungkin ya di second semester bisa cut sebanyak 2 kali, 25bps. Tapi memang melihat perkembangan terakhir risikonya adalah untuk Fed cut lebih banyak dan lebih cepat, itu dari sisi Fed ya,” kata Rangga dalam Economic and Market Outlook di Kantornya, Rabu (7/8/2024).

Ia menjelaskan, pemangkasan suku bunga acuan The Fed memang penuh dengan ketidakpastian. Sebagai contoh, pada akhir tahun lalu pasar berekspektasi bahwa The Fed akan memangkas Fed Fund Rate sebanyak 6-7 kali.

Namun, seiring dengan perkembangan ekonomi AS yang masih tumbuh positif pada awal tahun ini menyebabkan ekspektasi tersebut harus direvisi kebawah. Bahkan, hal tersebut sempat menyebabkan anjloknya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada momen setelah libur Idulfitri lalu.