Logo Bloomberg Technoz

Mengenal Teknologi HAPS yang Koneksikan Antar HP Tanpa Operator

Redaksi
07 August 2024 10:55

Ilustrasi tes jaringan internet.
Ilustrasi tes jaringan internet.

Bloomberg Technoz, Jakarta - Saling terkoneksi antar HP ponsel tanpa operator telekomunikasi bukan cuma milik Starlink, layanan milik Space Exploration Technologies Corp (Space X) Elon Musk. Dalam perkembangan teknologi sinyal terdapat pula High Altitude Platform Station (HAPS).

HAPS adalah servis milik anak usaha Airbus, AALTO HAPS Ltd yang tengah dijajaki oleh PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk atau Mitratel (MTEL), sebagai pelengkap layanan  perusahaan.

Secara garis besar HAPS beroperasi melalui pesawat tanpa awak bertenaga surya, mengudara di ketinggian 20 km di atas laut, dan bisa menjangkau luas hingga 200 km, .jelas Direktur Investasi Mitratel, Hendra Purnama dalam paparan dengan media di Nusa Tenggara Timur, Rabu (7/8/2024).

MTEL sebagai anak perusahaan PT Telkom Persero Tbk (TLKM) menyebutkan sebagai Flying Tower System (FTS), dan menjadi bagian dari proyek jangka panjang.

AALTO dan Mitratel pada 17 Juli lalu telah menyepakati sinergi kolaborasi berupa MoU, dengan harapan “memberikan dampak positif sebagai solusi layanan konektivitas komersial bagi Mitratel,” tulis perusahaan dalam dokumen paparan yang dikutip Rabu (7/8/2024).