Logo Bloomberg Technoz

Siapa sebenarnya Jensen Huang? Pria ini lahir di Taiwan dan menghabiskan masa kecilnya negara ini dan Thailand. Namu kerusuhan mendorong orang tuanya untuk mengirimnya tinggal bersama kerabat di negara bagian Washington.

Orang tua Huang mengira anaknya akan menempuh pendidikan di sekolah swasta, tapu kerabatnya secara tidak sengaja mendaftarkannya ke Oneida Baptists Institute, sebuah sekolah reformasi di pedesaan Kentucky, menurut profil miliarder ini pada tahun 2002 di Wired.

Ketika ia dipertemukan kembali dengan keluarganya di Oregon, ia bersekolah di sekolah menengah atas di Beaverton dan menjadi pemain tenis meja peringkat nasional, menurut profil Huang di situs web Oregon State University, di mana ia menerima gelar sarjana teknik elektro pada tahun 1984. Huang meraih gelar master di bidang yang sama dari Universitas Stanford pada tahun 1992.

Ia sempat bekerja di industri teknologi sebelum memutuskan untuk mendirikan Nvidia bersama temannya, Chris Malachowsky dan Curtis Priem. Perusahaan ini meraih kesuksesan awal dengan mengembangkan prosesor komputer yang digunakan untuk mendukung video game, dan menciptakan unit pemrosesan grafis pertama pada tahun 1999.

Huang telah menjadi presiden dan kepala eksekutif Nvidia sejak perusahaan ini didirikan pada tahun 1993. Perusahaan ini melakukan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) pada tahun 1999.

Huang adalah presiden dan kepala eksekutif Nvidia, pembuat prosesor komputer dan teknologi kecerdasan buatan. Perusahaan yang berbasis di Santa Clara, California ini melaporkan pendapatan sebesar US$60,9 miliar pada tahun ini hingga 28 Januari 2024. Huang mendirikan perusahaan ini pada tahun 1993 dan memperkenalkan unit pemrosesan grafis pertama pada tahun 1999.

Mayoritas kekayaan Huang berasal dari sahamnya di Nvidia, pembuat prosesor komputer dan produk kecerdasan buatan. Huang mendirikan perusahaan yang berbasis di Santa Clara, California ini bersama Chris Malachowsky dan Curtis Priem, menurut situs webnya.

Nilai kekayaan Jensen Huang

Huang memiliki sekitar 3,5% saham perusahaan, atas namanya sendiri dan atas nama keluarga, menurut keterbukaan informasi Maret 2024. Unit saham terbatas yang belum diinvestasikan tidak termasuk dalam analisis ini.

Nilai investasi tunai miliarder ini didasarkan pada analisis transaksi orang dalam, dividen, pajak, dan kinerja pasar.

Bob Sherbin, juru bicara Nvidia, menolak untuk mengomentari perhitungan kekayaan bersih tersebut.

Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg. (Dok: Bloomberg)

Zukerberg lahir di White Plains, New York, Zuckerberg membangun reputasinya sebagai ahli pemrograman komputer di sekolah asrama elit Phillips Exeter Academy. Setelah lulus dari Exeter dengan jurusan klasik, ia mendaftar di Universitas Harvard, di mana ia memulai Facebook dari kamar asramanya bersama tiga orang temannya. Situs ini dengan cepat mulai bermigrasi ke universitas lain, mendorong Zuckerberg untuk keluar dari Harvard dan pindah ke Silicon Valley.

Ia menerima pendanaan sebesar US$500.000 dari Peter Thiel pada musim gugur 2004. Investasi dari perusahaan-perusahaan ventura lainnya segera menyusul. Keanggotaan Facebook mendekati 1 juta pengguna pada bulan Desember 2004. Dengan kebangkitan Facebook, muncullah sejumlah masalah hukum, pertama dengan salah satu pendiri Eduardo Saverin - yang dikeluarkan dari perusahaan pada musim panas 2004 - dan dengan Divya Narendra dan si kembar Tyler dan Cameron Winklevoss, yang menuntut Zuckerberg karena diduga mencuri ide di balik Facebook.

Pada bulan November 2011, Facebook mencapai kesepakatan selama 20 tahun dengan Komisi Perdagangan Federal untuk menyelesaikan keluhan bahwa mereka telah melanggar privasi pengguna. Perusahaan ini menjual saham dalam penawaran umum perdana di New York Stock Exchange pada 17 Mei 2012. Saat itu merupakan IPO teknologi terbesar dalam sejarah.

Memiliki kekayaan besar, Zuckerberg telah berjanji untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk amal. Pada bulan September 2010, ia menyumbangkan US$100 juta saham Facebook kepada sistem sekolah negeri di Newark, New Jersey. Ia juga menyumbangkan 36 juta saham ke Silicon Valley Community Foundation.

Zuckerberg menikah dengan Priscilla Chan, yang melahirkan seorang bayi perempuan pada bulan Desember 2015. Pada hari yang sama, Zuckerberg mengumumkan rencana untuk memberikan 99% sahamnya di jejaring sosial ini selama masa hidupnya untuk memajukan kegiatan filantropi. Putri kedua pasangan ini lahir pada bulan Agustus 2017.

Saat ini Zuckerberg tercatat sebagai salah satu pendiri dan kepala eksekutif Meta Platforms, perusahaan di balik Facebook - jejaring sosial terbesar di dunia. Perusahaan yang berbasis di Menlo Park, California, ini memiliki pendapatan sebesar US$134,9 miliar pada tahun 2023 dan memiliki sekitar 4 miliar pengguna bulanan. Penawaran saham perdananya pada tahun 2012 merupakan IPO teknologi terbesar yang pernah ada pada saat itu.

Mayoritas kekayaan Zuckerberg berasal dari kepemilikan saham sekitar 13% di Meta Platforms, yang sebelumnya bernama Facebook, berdasarkan pengajuan pada bulan Juli 2024.

Nilai kekayaan Mark Zuckerberg

Facebook adalah jejaring sosial terbesar di dunia. Meta Platforms memiliki sekitar 4 miliar pengguna aktif setiap bulannya, termasuk sekitar 3 miliar pengguna di Facebook, menurut presentasi perusahaan pada Februari 2024. Perusahaan ini menjual saham dalam penawaran umum perdana pada 17 Mei 2012 yang merupakan IPO teknologi terbesar dalam sejarah pada saat itu.

Miliarder ini memiliki saham melalui serangkaian perwalian dan perusahaan induk, menurut kuasa hukumnya. Ia berencana untuk memberikan 99% sahamnya selama masa hidupnya, menurut pengajuan SEC pada Desember 2015.

Zuckerberg mulai menjual saham pada Agustus 2016 untuk mendanai kegiatan filantropinya dan menurut perhitungan Bloomberg, dia tidak dikreditkan dengan nilai hasil penjualan yang mendanai kegiatan amal. Dia masih dikreditkan dengan saham-saham yang dia rencanakan untuk diberikan karena dia masih memilikinya.

Nilai investasi tunai yang ia miliki didasarkan pada analisis transaksi orang dalam - sebagian besar penjualan saham Facebook yang dinilai berdasarkan analisis data Bloomberg dan pengajuan perusahaan - serta pajak, pembelian properti, pemberian filantropi, dan kinerja pasar.

(hps)

No more pages