Logo Bloomberg Technoz

Ganti Popok Kelamaan Picu Risiko Infeksi Saluran Kemih

Dinda Decembria
07 August 2024 10:20

Ilustrasi bayi. (Envato/gstockstudio)
Ilustrasi bayi. (Envato/gstockstudio)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Orang tua merasa lebih nyaman dan tergoda untuk menunda mengganti popok bayi. Terlebih sekarang muncul popok superdry dengan kemampuan menyerap sangat baik.

Namun, dengan penundaan ganti popok rupanya bisa memunculkan risiko kesehatan pada anak yaitu infeksi saluran kemih. Sebab terjadi lantaran urine tertahan lama di kulit bayi sehingga mengiritasi kulit dan menciptakan lingkungan lembap yang akhirnya menjadi tempat berkembang biak bakteri.

"Dibanding sekarang dan dulu, banyak sekali superdry, terdapat beragam jenis seperti popok superdry. Tentunya dengan keadaan dry, orang tua jadi malas untuk mengganti ya karena masih kering," kata dokter spesialis anak Ina Zarlina dalam media briefing online pada tema “Infeksi Saluran Kemih Anak”.

Dokter Ina mengatakan banyak penelitian, termasuk pada penelitian di Jepang yang menunjukkan korelasi soal ganti popok dengan risiko infeksi saluran kemih pada bayi.

"Ada penelitian di Jepang kalau nggak salah, dia melakukan penelitian pada bayi-bayi memakai popok diapers makin jarang ganti, makin risiko infeksinya meningkat," terangnya.