Logo Bloomberg Technoz

Hadapi Risiko Resesi AS, Pengusaha Kasih Saran Ini ke Pemerintah

Pramesti Regita Cindy
07 August 2024 09:50

Pabrik manufaktur China. (Dok: Bloomberg)
Pabrik manufaktur China. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Bidang Tenaga Kerja Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bob Azam menekankan pentingnya memperkuat ekonomi domestik. Cara lain adalah mengoptimalkan ekspor ke negara-negara dengan pertumbuhan ekonomi yang baik. 

Hal ini sejalan dengan kemungkinan dampak resesi Amerika Serikat (AS) terhadap iklim dunia usaha. Tak hanya itu, ketidakpastian global, juga memaksa setiap negara untuk memperkuat ekonomi domestiknya. 

"Oleh karena itu konsumsi, kemudian juga daya beli, itu harus diperhatikan oleh pemerintah," ungkap Bob kepada Bloomberg Technoz, dikutip Rabu (7/8/2024). 

Seluruh negara saat ini mengandalkan ekonomi domestiknya karena faktor ekonomi global yang tidak stabil. Ekspor menjadi semakin sulit karena berbagai tantangan. Beberapa di antaranya, lanjut Bob, perang politik dan tekanan ekonomi dunia negara-negara besar seperti Amerika dan China.

Sehingga, ia menyarankan agar Indonesia lebih kreatif dalam menghadapi situasi terkini. Dia menyoroti bahwa Vietnam memiliki perjanjian perdagangan bebas dengan AS, yang memberikan mereka keuntungan dalam aktivitas ekspor ke Negara Paman Sam, serta menarik investasi.