Logo Bloomberg Technoz

Tujuan utama dari super PAC adalah mendorong kejelasan peraturan yang lebih baik. Para pengkritik pemerintahan Biden menuduh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (Securities and Exchange Commission/SEC) bertindak dengan itikad buruk melalui regulasi hukum.

Tidak seperti komite aksi politik biasa, kelompok-kelompok seperti Protect Progress dapat membelanjakan dan menerima sumbangan dalam jumlah tak terbatas dari perusahaan, perorangan, dan super PAC lainnya, meskipun mereka tidak berafiliasi satu sama lain.

Batasan utamanya adalah super PAC tidak diperbolehkan menyumbang secara langsung atau berkoordinasi dengan kandidat yang mereka usung.

Sementara dua saudara kandung grup tersebut telah menghabiskan US$16 juta untuk mendukung kandidat Partai Republik yang ramah kripto dan sekitar US$14 juta untuk menghapus kampanye anti-kripto Demokrat. Katie Porter dan Jamaal Bowman, Protect Progress telah menghabiskan lebih dari US$13 juta untuk mendukung pro-kripto Demokrat, menurut data FEC. FairShake juga telah menghabiskan sekitar US$600.000 untuk mendukung Demokrat.

Pengeluaran PAC untuk pemilu AS

Fairshake dan dua afiliasinya dijalankan oleh ahli politik Michael Carcaise. Pada tahun 2021, ia mendirikan PAC super bernama GMI PAC yang mengumpulkan US$12,5 juta, termasuk US$2 juta dari Sam Bankman-Fried, co–founder FTX. Kemudian US$1,5 juta dari mantan eksekutif FTX, Ryan Salame.

Carcaise terdaftar sebagai direktur eksekutif Kampanye Politik & Manajemen dan Strategi PAC dalam profil LinkedIn. 

Josh Vlasto, juru bicara dari ketiga super PAC tersebut, tidak menanggapi beberapa permintaan komentar. 

GMI tidak pernah secara langsung mengeluarkan uang untuk kampanye. Sebaliknya, GMI mengirimkan hampir semua donasinya ke afiliasi termasuk Web3 Forward, mantan PAC pro-kripto yang berfokus pada Demokrat.

Carcaise terdaftar sebagai bendahara Web3 Forward pada pengajuan FEC PAC. 

Delapan dari 13 kandidat yang didukung oleh Protect Progress sejauh ini telah mencalonkan diri lewat rivalitas non-incumbent di distrik-distrik yang memiliki kehadiran Demokrat yang kuat, data menunjukkana. Hal ini sejalan dengan strategi yang pernah digunakan oleh Web3 Forward. 

Pendanaan kampanye dari Partai Demokrat di Pemilu Kongres AS.

Sembilan kandidat yang didukung oleh Protect Progress telah memenangkan pemilihan pendahuluan mereka dan sekarang maju ke pemilihan umum pada 5 November. Pengeluaran tersebut telah meningkatkan ketegangan di beberapa pemilihan pendahuluan.

Surat suara saat ini sedang dihitung untuk pemilihan House District 3 Arizona, di mana super PAC menghabiskan sebagian dari US$1,4 juta guna mendukung kandidat Yassamin Ansari dengan iklan kampanye video sekitar dua minggu sebelum pemilihan. Video berdurasi 30 detik dalam bahasa Spanyol itu tidak menyebutkan kripto.

Lawan Ansari, Raquel Terán, mengecam pengeluaran tersebut, dengan mengatakan bahwa super PAC dikendalikan oleh donor dari Partai Republik. 

“Saya tidak pernah mendengar siapa pun yang membawa kripto. Hanya itu yang bisa saya katakan,” kata Terán dalam sebuah wawancara.

(bbn)

No more pages