Logo Bloomberg Technoz

Satgas Hulu Migas Didorong Bidik Investor Nonkonvensional

Dovana Hasiana
07 August 2024 09:30

Luhut Binsar Pandjaitan./Bloomberg-Dimas Ardian
Luhut Binsar Pandjaitan./Bloomberg-Dimas Ardian

Bloomberg Technoz, Jakarta - Asosiasi Perusahaan Minyak dan Gas Nasional (Aspermigas) menilai satuan tugas (satgas) hulu minyak dan gas, yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, bisa mulai membidik investor yang baru mau berkecimpung di sektor hulu migas. 

Ketua Komite Investasi Aspermigas Moshe Rizal mengatakan investor tersebut bisa berupa skala menengah dan kecil, seperti perusahaan venture capital yang berhubungan dengan teknologi terbaru sektor hulu migas. 

Selain itu, Moshe juga mengatakan terdapat investor dengan kapasitas besar di sektor lain, tetapi mau melakukan ekspansi ke sektor hulu migas. 

“Pemerintah harus bisa melihat itu, bisa sensitif dan melihat itu. Jangan kacamatanya hanya ke perusahaan migas besar saja,” ujar Moshe kepada Bloomberg Technoz, Rabu (7/8/2024). 

Moshe menggarisbawahi profil investor di sektor hulu migas mulai mengalami perubahan selama dua tahun terakhir. Menurut Moshe, perusahaan migas besar mulai memiliki fokus yang berbeda karena adanya perubahan geopolitik, di mana perang dan konflik meningkatkan risiko investasi di hulu migas.