Logo Bloomberg Technoz

Walz, 60 tahun, kurang dikenal secara nasional tapi populer di negara bagian asalnya, terutama di antara 91% pemilih Partai Demokrat yang menyetujui kinerja pekerjaannya--tertinggi ketiga di antara negara bagian mana pun, menurut jajak pendapat Morning Consult pada Juli.

Harris memilih Walz karena pengalamannya sebagai gubernur, dan mengapresiasi catatannya yang mencakup kredit pajak anak dan cuti berbayar untuk keluarga kelas menengah, menurut seseorang yang mengetahui keputusan tersebut. Dia juga memilihnya karena kemampuannya untuk berhubungan dengan para pemilih Midwest dan karena hubungan pribadi yang kuat di antara mereka, kata orang tersebut.

Harris hanya memiliki sedikit waktu untuk menentukan calon wakil presiden setelah keluarnya Presiden Joe Biden dari persaingan. Jajak pendapat menunjukkan persaingan yang ketat. Survei Bloomberg News/Morning Consult pada Juli menemukan bahwa Harris telah menyapu bersih keunggulan Trump di antara para pemilih di tujuh negara bagian yang menjadi medan pertarungan. Partai Demokrat saat ini unggul 48% berbanding 47%--statistik yang sangat ketat.

Keputusan untuk memilih Walz pertama kali dilaporkan oleh CNN.

Demokrat Sentris

Berasal dari pedesaan Nebraska, Walz bergabung dengan Garda Nasional Angkatan Darat dan naik pangkat menjadi sersan mayor komando, bertugas selama tahun-tahun awal Perang Melawan Teror. Dia bekerja sebagai guru--di reservasi penduduk asli Amerika dan di China--sebelum akhirnya menetap di Minnesota dan mencalonkan diri sebagai anggota Kongres.

Dia menjabat selama enam periode di DPR, di mana dia berfokus pada isu-isu militer, veteran, dan pertanian--yang memungkinkannya untuk menetralisir kurangnya pengalaman Harris di bidang-bidang tersebut dan menyampaikan pesan yang mungkin beresonansi dengan para pemilih di luar basis Partai Demokrat.

Salah satu isu di mana ia berbeda dengan Demokrat adalah mengenai hak kepemilikan senjata, di mana pengabdiannya seumur hidup pada olahraga menembak dan catatan pemungutan suaranya membuatnya mendapat dukungan dari Asosiasi Senapan Nasional.

Namun, setelah penembakan di sekolah pada tahun 2018 di Parkland, Florida, Walz menyebut NRA sebagai "hambatan terbesar untuk meloloskan langkah-langkah paling mendasar untuk mencegah kekerasan senjata api di Amerika." Dia mengatakan dia mendukung pemeriksaan latar belakang universal, undang-undang "bendera merah", dan larangan senjata serbu.

Saat ini sedang menjalani masa jabatannya yang kedua sebagai gubernur, Walz memimpin pergolakan yang terjadi setelah pembunuhan George Floyd pada tahun 2020 oleh perwira polisi Minneapolis. Setelah mendapat kritik karena lambat merespons, Walz memanggil Garda Nasional dan mengadakan dua sesi khusus legislatif negara bagian untuk mengesahkan undang-undang reformasi kepolisian.

Ketika Harris mempertimbangkan pilihannya, Walz didorong oleh para pemimpin progresif dan serikat pekerja yang memuji kebijakannya sebagai gubernur, termasuk menawarkan makan siang sekolah gratis, memperluas cuti keluarga dan medis berbayar--latar belakang yang diharapkan oleh Partai Demokrat akan menarik perhatian para pemilih dalam pemilihan di mana ekonomi menjadi isu yang menentukan.

Citra gubernur sebagai pembicara yang blak-blakan juga membantu memperkuat posisinya. Walz mengejek Trump dan kebijakan Partai Republik sebagai "aneh", penghinaan yang menjadi seruan bagi Partai Demokrat. Walz juga diperjuangkan oleh para anggota parlemen yang pernah bekerja sama dengannya di DPR. Mantan Ketua DPR Nancy Pelosi memuji pemilihan tersebut pada Selasa.

"Dia membawa kredensial keamanan, dia membawa kredensial pedesaan, dan dia akan melakukannya dengan baik di perdesaan Amerika," kata Pelosi di MSNBC.

Ekonomi Minnesota Walz akan menjadi sangat penting bagi pesan Partai Demokrat di negara-negara bagian yang menjadi medan pertarungan di mana prospek mereka sebagian bergantung pada kemampuan untuk menarik perhatian para pemilih kulit putih dan pemilih kelas pekerja yang kecewa dengan penanganan ekonomi yang dilakukan oleh Biden.

Kecemasan pemilih atas inflasi yang tinggi dan kekhawatiran para pekerja serikat tentang dampak transisi Biden ke energi bersih, terutama kendaraan listrik, terhadap pekerjaan dan upah mengancam untuk membebani tiket Partai Demokrat.

Pasangan Trump, Senator JD Vance dari Ohio, membawa pandangan dunia yang populis dan pesan yang diyakini oleh Partai Republik akan membantu mereka membuat terobosan lebih lanjut di antara para pekerja kerah biru.

Rekor Walz sendiri di Minnesota akan menjadi sorotan. Minnesota termasuk di antara beberapa negara bagian yang mengalami penurunan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) pada kuartal pertama setelah ekspansi yang lemah pada tahun 2023. Negara bagian ini memiliki populasi yang menua dan telah berjuang untuk menarik pekerja selama dua dekade terakhir. Jumlah tenaga kerjanya diproyeksikan akan tetap datar dalam dekade ini, sehingga menghambat penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan PDB, menurut Kamar Dagang Minnesota.

Tingkat pengangguran sebesar 2,9% di Juni adalah salah satu yang terendah di AS. Negara bagian ini telah menjadi sumber suara elektoral Partai Demokrat yang dapat diandalkan, dengan suara biru di setiap Pemilu sejak Richard Nixon terakhir kali memenangkannya untuk Partai Republik pada tahun 1972. Itu adalah kemenangan beruntun terpanjang Partai Demokrat di luar District of Columbia.

Partai Republik telah mengidentifikasi negara bagian North Star sebagai peluang utama bagi Trump menjelang pemilihan Walz. Namun, dukungan gubernur di kalangan progresif dan rekornya sebagai gubernur, akan memperkuat serangan Partai Republik bahwa tiket Partai Demokrat terlalu liberal bagi para pemilih Amerika.

"Sama seperti Kamala Harris, Tim Walz adalah seorang ekstremis liberal yang sangat berbahaya," kata tim kampanye Trump dalam pernyataannya.

(bbn)

No more pages