Logo Bloomberg Technoz

Sisa Kurang 2 Bulan, Gerindra Tiba-tiba Ganti Pimpinan Baleg DPR

Muhammad Fikri
06 August 2024 18:40

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad saat ditemui awak media di Gedung DPR RI, Selasa (14/5/2024).
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad saat ditemui awak media di Gedung DPR RI, Selasa (14/5/2024).

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Gerindra tiba-tiba mencopot kadernya, Supratman Andi Agtas dari posisi ketua Badan Legislatif (Baleg) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Posisi tersebut kemudian diberikan kepada kader Partai Gerindra di Komisi III DPR yaitu Wihadi Wiyanto.

Saat ini, posisi Baleg cukup krusial menjelang akhir masa jabatan anggota DPR periode 2019-2024 yang berakhir Oktober mendatang. Baleg bertugas untuk menggenjot pembahasan sejumlah rancangan atau revisi undang-undang (RUU) hingga pengesahan.

"Itu usulan dari fraksi untuk kemudian melakukan pergantian dan penyegaran di Baleg," kata Wakil ketua DPR dari Fraksi Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, Selasa (6/8/2024).

“Pimpinan DPR sudah menerima surat dari Fraksi Partai Gerindra DPR RI pada tanggal 1 Agustus 2024 perihal penggantian Ketua Baleg dari Fraksi Partai Gerindra, mengalami perubahan yang semula Supratman Andi Agtas, digantikan oleh Wihadi Wiyanto.”

Menurut dia, Partai Gerindra tengah menyiapkan posisi khusus kepada Wihadi pada periode 2024-2029. Berdasarkan data KPU, Wihadi memang menjadi satu-satunya kader Partai Gerindra yang lolos menjadi anggota DPR dari Dapil Jawa Timur IX.