Logo Bloomberg Technoz

Lelang SUN Diserbu Investor, Rupiah Menguat Terbesar di Asia

Tim Riset Bloomberg Technoz
06 August 2024 16:45

Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rupiah berhasil menutup perdagangan spot Selasa ini dengan penguatan tipis, meski mengawali hari dengan pelemahan.

Rupiah bahkan menjadi satu dari dua mata uang Asia hari ini yang berhasil menguat terhadap dolar Amerika Serikat. Penguatan rupiah memang cuma 0,15% ke level Rp16.165/US$, tapi itu menjadi penguatan terbesar disusul oleh peso Filipina 0,11%.

Selebihnya, semua mata uang Asia ambles tertekan dolar AS dipimpin oleh ringgit Malaysia yang melemah hingga 1,03%, lalu won Korea 0,64%, dolar Taiwan 0,2% dan yuan China 0,15%.

Penguatan rupiah hari ini meski di awal perdagangan pagi tadi sempat tertekan, sepertinya banyak disokong oleh sentimen pasar saham. IHSG yang kemarin kehilangan lebih dari 3% bobotnya, hari ini rebound ditutup menguat tipis 0,99%.

Sementara di pasar surat utang, tekanan jual melanda di sebagian tenor bahkan ketika lelang Surat Utang Negara menarik minat cukup besar dari pasar dengan incoming bids mencapai Rp66,99 triliun, naik 17% dibanding lelang SUN sebelumnya.