Logo Bloomberg Technoz

Prajogo Pangestu Kehilangan Harta Kekayaan Rp35,6 Triliun Semalam

Muhammad Julian Fadli
06 August 2024 15:40

Prajogo Pangestu. (Tangkapan layar via website barito-pacific.com)
Prajogo Pangestu. (Tangkapan layar via website barito-pacific.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Prajogo Pangestu kehilangan kekayaan US$2,2 miliar atau Rp35,61 triliun (asumsi Rp16.187/US$) berdasarkan data Bloomberg, pada Selasa (6/8/2024) usai kemarin pasar saham terjadi turbulensi hebat. IHSG sempat anjlok lebih dari 4%, yang juga menyeret harga saham-saham grup Barito Pacific jatuh.

Penurunan kekayaan ini menjadi yang terbesar, dan paling jumbo yang terjadi di antara orang terkaya di Indonesia yang masuk dalam Bloomberg Billionaires Index. Saat ini total kekayaan Prajogo Pangestu menjadi US$25,7 miliar (Rp416,01 triliun).

Penurunan itu setara dengan 8% dari total penurunan kekayaan Prajogo Pangestu dalam 24 jam, atau satu hari perdagangan hari Bursa.

Penutupan Saham BREN pada Senin 5 Agustus (Bloomberg)

Selisih kekayaan Prajogo dengan orang terkaya nomor kedua di Indonesia, Low Tuck Kwong tinggal menyisakan US$2,4 miliar. Low Tuck Kwong merupakan pemilik salah satu Perusahaan batu bara yang terbesar, yaitu Bayan Resources (BYAN).

Pada perdagangan saham kemarin, yang jadi acuan kenaikan-penurunan harta kekayaan orang terkaya tersebut, IHSG sempat anjlok lebih dari 4% memunculkan isu penghentian perdagangan sementara atau trading halt.