Logo Bloomberg Technoz

Waspadai Modus Penipuan Melalui Social Engineering dan Phishing


Ilustrasi penipuan. (Photo by Tara Winstead via pexels.com)
Ilustrasi penipuan. (Photo by Tara Winstead via pexels.com)

Jakarta - Perkembangan teknologi yang sangat pesat mempengaruhi cara masyarakat dalam melakukan kegiatan perbankan. Kini, masyarakat dapat langsung melakukan transaksi online banking secara digital melalui gawai pintar/smartphone. Hal ini, tentunya, menuntut industri perbankan untuk menyediakan layanan transaksi online banking yang aman dan nyaman.

Meskipun Bank sudah menyediakan fitur keamanan yang canggih, Pelaku Kejahatan  tetap berusaha mencari celah untuk melakukan penipuan dan mengambil keuntungan dari korbannya.

Modus penipuan yang kerap terjadi dalam transaksi online banking yaitu social engineering & phishing. Pelaku melakukan teknik manipulasi yang memanfaatkan kelengahan pihak korban untuk mendapatkan akses atas informasi pribadi serta data perbankan milik korban (seperti User ID, password, PIN dan sebagainya). Informasi pribadi dan data perbankan korban akan digunakan Pelaku untuk menguras rekening korban atau untuk melakukan transaksi ilegal.

Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk dapat mengenali modus penipuan transaksi online banking melalui social engineering dan phishing yang kian marak terjadi, serta cara untuk menghindarinya.