Logo Bloomberg Technoz

Saat Wakil Sri Mulyani Bicara Soal Gerindra di Paparan Dana Desa

Azura Yumna Ramadani Purnama
06 August 2024 13:50

Wamernkeu II Thomas Djiwandono di Kompleks Kemenkeu, Jakarta, Kamis (18/7/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Wamernkeu II Thomas Djiwandono di Kompleks Kemenkeu, Jakarta, Kamis (18/7/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) II tiba-tiba menceritakan pengalamannya menjabat di partai Gerindra setelah memaparkan kinerja dana desa tahun 2015-2024. Menurutnya, pengalamannya menjadi pengurus partai kala itu sangat berbeda dengan saat ini menjabat sebagai Wamenkeu.

Dalam kaitan itu, Thomas mengatakan bahwa keterbukaan informasi publik merupakan suatu hal yang penting baik dalam penyelenggaraan pemerintahan maupun bagi partai politik.

“Sebelum saya di Kementerian Keuangan, saya adalah salah satu pejabat di partai dalam hal ini Gerindra. Gerindra waktu itu sangat mengutamakan keterbukaan publik, kami juga waktu itu bekerjasama dengan KIP dan sebagainya dan seterusnya mengikuti hal yang sama,” ucap Thomas dalam Seminar KIPP Kementerian Keuangan 2024 di Kantornya, Selasa (6/8/2024).

Meski demikian, terdapat perbedaan yang saat signifikan antara keterbukaan informasi publik pada level pemerintahan dan partai politik.

Grafis Edisi Khusus - Dana Desa (Asfahan/Bloomberg Technoz)

Sehingga, ia menegaskan bahwa kesempatan menjabat sebagai Wamenkeu merupakan waktu yang tepat untuk dirinya belajar tata kelola yang lebih baik.