Logo Bloomberg Technoz

Wacana Penurunan Harga Tiket Pesawat, Begini Progresnya

Pramesti Regita Cindy
06 August 2024 10:50

Bandara International Soekarno-Hatta< Cengkareng. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Bandara International Soekarno-Hatta< Cengkareng. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Adita Irawati, mengungkapkan bahwa kajian mengenai penurunan harga tiket pesawat masih perlu dibahas lebih lanjut secara lintas kementerian dan lembaga.

Hal ini berkaitan dengan evaluasi Kemenhub terhadap harga tiket pesawat yang menghasilkan sejumlah rekomendasi baik jangka pendek, menengah, hingga panjang.

"Hasil kajian ini menjadi rekomendasi kebijakan yang harus dibahas lagi secara lintas kementerian dan lembaga. Juga akan disampaikan ke satgas [satuan tugas] yang dikoordinir oleh Kemenko Marves," ujar Adita kepada Bloomberg Technoz, Selasa (6/8/2024).

Penerapan hasil kajian ini, ungkap Adita, tidak bisa dilakukan secara langsung oleh Kemenhub saja. Untuk itu, pembahasan lebih lanjut diperlukan guna memastikan semua pihak terkait, termasuk maskapai penerbangan, turut dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan tersebut.

"Mengenai penerapannya tentu harus dibahas di lintas kementerian ini, dan juga melibatkan stakeholders termasuk maskapai," tegasnya. 

Penumpang melakukan check-in di Bandara Kertajati, Majalengka. (Dok. PT Angkasa Pura II Cin)