Logo Bloomberg Technoz

"Tingkat permintaan masuk dalam lelang SUN hari ini kemungkinan stabil di kisaran Rp55 triliun-Rp60 triliun," kata tim analis Mega Capital Sekuritas dalam catatannya.

Pada lelang SUN sebelumnya, permintaan masuk tercatat sebesar Rp57,19 triliun.

Pemerintah berniat melelang dua seri SPN bertenor pendek dan enam seri Fixed Rate (FR) di mana ada satu seri baru yang diperkenalkan (new issuance) yaitu FR0103 yang memiliki tanggal jatuh tempo 15 Juli 2035 alias tenor 10 tahun.

Target indikatif lelang ditetapkan sebesar Rp22 triliun dengan target maksimal Rp33 triliun.

Kecemasan Resesi Berkurang

Kekhawatiran terhadap pecah resesi di AS sedikit berkurang pasca rilis data PMI ISM nonmanufaktur Juli yang mencatat ekspansi setelah mencatat kontraksi terbesar dalam empat tahun pada bulan sebelumnya.

Kenaikan indeks tersebut didorong oleh rebound pada lapangan kerja jasa, pesanan, dan aktivitas bisnis yang menunjukkan bahwa bagian terbesar dari ekonomi tumbuh dengan laju yang moderat.

Data aktivitas ekonomi yang masih ekspansif itu mematahkan kekhawatiran terhadap resesi meski tidak sepenuhnya menghilangkan ketakutan tersebut.

Lonjakan pengangguran AS pada Juli yang diprediksi akan semakin tinggi pada akhir tahun ke 4,5% dan tahun depan 5%, membuat pasar sempat dilanda ketakutan besar sehingga mendorong wacana perlunya The Fed memangkas bunga acuan darurat, di luar jadwal FOMC terdekat yang baru akan berlangsung pada September nanti.

Pasar swap bahkan bertaruh total penurunan bunga The Fed tahun ini mencapai 125 bps sehingga di akhir tahun FFR ada di 4,25%. Namun, data ekspansi sektor jasa itu mengikisnya dan pagi ini terpantau ekspektasi pasar turun menjadi 100 bps sampai akhir tahun ini ke 4,50%.

(rui/aji)

No more pages