Logo Bloomberg Technoz

BOJ Dikecam Sebab Naikkan Bunga Acuan Usai Pasar Anjlok

News
06 August 2024 10:00

Bursa Jepang, pasar saham Asia. (dok Kiyoshi Ota/Bloomberg)
Bursa Jepang, pasar saham Asia. (dok Kiyoshi Ota/Bloomberg)

Yoshiaki Nohara dan Erica Yokoyama - Bloomberg News

Bloomberg, Pengetatan kebijakan moneter Bank of Japan (BOJ) pekan lalu telah memicu gelombang kritik setelah membantu memicu kejatuhan bersejarah pada saham-saham Jepang dan berkontribusi pada gejolak pasar global--kemungkinan besar membuat rencana kenaikan suku bunga lebih lanjut tertunda.

"BOJ harus bersikap rendah hati mengenai data ekonomi dan pasar," kata Nobuyasu Atago, kepala ekonom di Rakuten Securities Economic Research Institute dan mantan pejabat BOJ. "Fakta bahwa BOJ menaikkan suku bunga di tengah buruknya statistik ekonomi menunjukkan bahwa BOJ tidak memperhatikan data."

Gubernur Kazuo Ueda minggu lalu berulang kali menekankan bahwa BOJ memutuskan untuk menaikkan suku bunga berdasarkan data ekonomi dan inflasi yang menunjukkan bahwa perkembangannya sejalan dengan ekspektasi sebelumnya.

Ia juga mengatakan bahwa suku bunga akan terus naik selama tren tersebut bertahan. Namun, aksi jual ekuitas terburuk dalam beberapa dekade terakhir membuat para analis mulai berpikir bahwa bank sentral menarik pelatuknya terlalu dini. Banyak yang mengubah ekspektasi.

Pergerakan saham Jepang. (Dok: Bloomberg)