Logo Bloomberg Technoz

Setelah sempat naik ke level tertinggi sesi setelah angka-angka tersebut, S&P 500 diperdagangkan lebih rendah, sementara imbal hasil Treasury naik.

ISM. (Dok: Bloomberg)

Indeks ketenagakerjaan jasa ISM berekspansi untuk pertama kalinya sejak awal tahun dan pada laju tercepat sejak September. Hasil survei ini mengikuti data pemerintah pada Jumat yang menunjukkan tingkat pengangguran naik ke level tertinggi dalam hampir tiga tahun terakhir yaitu 4,3%, sementara pertumbuhan penggajian melambat secara signifikan.

Laporan pekerjaan meningkatkan kemungkinan Federal Reserve akan melakukan pemangkasan suku bunga yang lebih agresif hingga akhir tahun. 

Juga minggu lalu, data ISM menunjukkan kontraksi terbesar di bidang manufaktur dalam delapan bulan terakhir. Indeks produksi kelompok ini turun ke level terendah dalam lebih dari empat tahun terakhir dan lapangan kerja pabrik menyusut paling banyak sejak pandemi. 

"Secara keseluruhan, kami melihat pertumbuhan yang berkelanjutan, tetapi dengan kecepatan yang lebih moderat," kata Steve Miller, Ketua Komite Survei Bisnis Jasa ISM, dalam panggilan telepon dengan para wartawan.

Miller mengatakan kelemahan di bidang manufaktur mungkin merembet ke sektor jasa dan bahwa manajer pembelian di penyedia layanan berpikir bahwa The Fed perlu memangkas suku bunga secara agresif.

Aktivitas Bisnis

Indeks aktivitas bisnis jasa ISM--yang sejajar dengan indeks produksi pabrik--naik hampir 5 poin bulan lalu setelah mencatat penurunan satu bulan paling tajam sejak April 2020. Ukuran pesanan yang ditempatkan dengan penyedia layanan juga bergerak kembali ke wilayah ekspansi.

Sepuluh industri melaporkan pertumbuhan di Juli, dipimpin oleh hiburan dan rekreasi, akomodasi dan layanan makanan, pertambangan dan konstruksi. Delapan industri melaporkan penurunan aktivitas. Pada saat yang sama, indeks harga yang dibayarkan oleh penyedia layanan meningkat 0,7 poin menjadi 57 di Juli, sejalan dengan rata-rata selama satu tahun terakhir.

Komentar Industri ISM Terpilih

"Seperti yang terjadi di Juni, penjualan dan trafik restoran tetap datar dibandingkan tahun lalu. Gelombang panas di California, kenaikan harga gas dan kekhawatiran umum tentang harga menu telah meredam permintaan konsumen." - Akomodasi & Layanan Makanan

"Bisnis yang kuat di industri kami adalah pengolahan air. Harga-harga cukup datar, tetapi ada beberapa tekanan dari kenaikan biaya." - Konstruksi

"Meskipun suku bunga pinjaman rumah terus berubah secara dramatis dari waktu ke waktu, jumlah anggota yang mengajukan pinjaman relatif stabil." - Keuangan & Asuransi

"Markup inflasi telah dikeluarkan dari para pemasok." - Perawatan Kesehatan & Bantuan Sosial

"Kondisi bisnis tampaknya stabil saat ini." - Layanan Pendidikan

"Karena tahun Pemilu, proyek-proyek baru tidak berjalan seperti yang diharapkan. Banyak pelanggan kami yang menunggu hasil Pemilu untuk mengembangkan proyek-proyek baru." - Informasi

"Suku bunga yang tinggi terus memengaruhi keputusan pembelian jangka panjang." - Layanan Profesional, Ilmiah & Teknis

"Biaya jasa konstruksi terus berada di atas anggaran yang diperkirakan." - Administrasi Publik

"Biaya makanan yang tinggi berdampak pada permintaan pelanggan dan mengakibatkan bisnis yang datar secara keseluruhan. Aktivitas bisnis stabil. Biaya-biaya pemasok juga datar secara umum." - Perdagangan Grosir

Backlog pesanan di sektor jasa sedikit meningkat bulan lalu setelah jatuh di Juni, sementara pesanan ekspor tumbuh dengan laju yang lebih cepat. Sekitar 18% responden melaporkan backlog yang lebih tinggi, bagian terbesar sejak awal 2023.

(bbn)

No more pages