Logo Bloomberg Technoz

Aktivitas Jasa AS Berekspansi dengan Laju Moderat

News
06 August 2024 09:08

Aktivitas jasa AS. (Dok: Bloomberg)
Aktivitas jasa AS. (Dok: Bloomberg)

Vince Golle dan Mark Niquette - Bloomberg News

Bloomberg, Sektor jasa AS berekspansi pada Juli setelah mengalami kontraksi terbesar dalam empat tahun terakhir, yang dapat membantu meredakan kekhawatiran baru tentang penurunan ekonomi yang tiba-tiba.

Indeks jasa Institute for Supply Management (ISM) naik 2,6 poin menjadi 51,4. Angka di atas 50 mengindikasikan ekspansi, dan angka Juli sedikit lebih kuat daripada proyeksi median dalam survei Bloomberg terhadap para ekonom.

Indeks ini didorong oleh rebound pada lapangan kerja jasa, pesanan, dan aktivitas bisnis yang menunjukkan bahwa bagian terbesar dari ekonomi tumbuh dengan laju yang moderat. Laporan pekan lalu yang menunjukkan melemahnya pasar tenaga kerja dan kemerosotan di bidang manufaktur memicu kekhawatiran resesi dan memukul pasar keuangan global.

"Pada akhirnya, rebound pada indeks jasa ISM di Juli hampir tidak konsisten dengan ekonomi atau pasar tenaga kerja yang jatuh ke dalam jurang, seperti yang dikhawatirkan oleh banyak orang," kata Stephen Brown, wakil kepala ekonom Amerika Utara di Capital Economics dalam catatannya.