Logo Bloomberg Technoz

Upah Riil Jepang Naik Pertama Kali dalam 27 Bulan di Juni

News
06 August 2024 09:10

Pekerja Jepang. (Dok: Bloomberg)
Pekerja Jepang. (Dok: Bloomberg)

Erica Yokoyama dan Yoshiaki Nohara - Bloomberg News

Bloomberg, Upah riil pekerja Jepang naik untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua tahun, mencerahkan prospek pemulihan konsumsi dan munculnya siklus pertumbuhan positif yang telah lama diupayakan oleh Bank of Japan (BOJ).

Kementerian Tenaga Kerja melaporkan pada Selasa (6/8/2024), penghasilan riil tunai bagi para pekerja naik 1,1% di Juni dari tahun sebelumnya, berbalik menjadi positif untuk pertama kalinya sejak Maret 2022. Para ekonom memperkirakan angka tersebut akan tetap negatif di minus 0,9%. Upah nominal tumbuh 4,5%, jauh melampaui estimasi konsensus kenaikan 2,4%.

Indikator tren yang lebih stabil yang menghindari masalah pengambilan sampel dan tidak termasuk bonus dan lembur menunjukkan upah untuk pekerja penuh waktu meningkat 2,7%, sementara gaji pokok naik 2,3%, kenaikan terbesar dalam hampir 30 tahun terakhir.

Upah riil Jepang. (Dok: Bloomberg)

Data pada Selasa akan menjadi kabar baik bagi BOJ setelah menaikkan suku bunga dan meluncurkan peta jalan untuk pengetatan kuantitatif pada minggu lalu. Bank sentral sedang mencari bukti bahwa kenaikan upah akan mendorong pengeluaran, memacu kenaikan harga yang disebabkan oleh permintaan dalam sebuah siklus yang baik.