Logo Bloomberg Technoz

AS & Sekutu Berusaha Cegah Kemungkinan Perang Timur Tengah

News
06 August 2024 08:20

Tentara Israel. (Dok: Bloomberg)
Tentara Israel. (Dok: Bloomberg)

Dan Williams, Arsalan Shahla, dan Iain Marlow - Bloomberg News

Bloomberg, Amerika Serikat (AS) dan sekutunya berupaya keras untuk mencegah serangan Iran ke Israel dan perang yang meluas di Timur Tengah di tengah kekhawatiran satu serangan balasan atas pembunuhan petinggi Hamas di Teheran bisa terjadi sewaktu-waktu. 

Pemerintah Joe Biden mengerahkan pasukan tambahan ke Timur Tengah dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken melakukan pertemuan dengan pejabat tinggi Mesir dan Qatar--dua negara yang memotori perundingan gencatan senjata antara Israel dan Hamas.

"Ini saat yang kritis," kata Blinken pada Senin (5/8/2024) di Washington. "Kami melakukan langkah diplomasi yang intensif--hampir 24 jam--dengan pesan sederhana: Semua pihak harus menahan diri dari eskalasi, semua pihak harus mengambil langkah untuk mengendorkan ketegangan."

Perhatian utama adalah mempersiapkan diri menghadapi dan menangkal serangan dari Iran, yang telah memperingatkan akan melakukan balasan setelah menuduh Israel membunuh pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh, di gedung milik pemerintah di Teheran pada 31 Juli lalu.