Logo Bloomberg Technoz

Siasat Pemerintah Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Semester II-2024

Azura Yumna Ramadani Purnama
06 August 2024 05:05

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Dok. Kemenko Perekonomian)
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Dok. Kemenko Perekonomian)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah akan menggenjot kinerja belanja pemerintah dan memaksimalkan produktivitas usaha menengah, kecil, dan mikro (UMKM) demi mendongkrak pertumbuhan ekonomi semester II 2024.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto mengungkapkan pemerintah memantau sektor-sektor pengungkit ekonomi pada triwulan III dan triwulan IV, salah satunya mendorong belanja pemerintah.

Airlangga menjelaskan belanja pemerintah masih dapat didorong kembali pada triwulan III. Pasalnya, pada kuartal II 2024 belanja pemerintah hanya tumbuh 1,42% dan distribusinya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) baru sebesar 7,31%.

“Tentu pemerintah melihat faktor apalagi yang bisa didorong tapi salah satu yang bisa pemerintah dorong terkait belanja pemerintah, sehingga belanja pemerintah bisa digenjot di kuartal tiga ini,” ucap Airlangga saat konferensi pers di Kantornya, Senin (5/8/2024).

Lebih lanjut, ia menyebutkan akan memberikan berbagai fasilitas untuk sektor-sektor tertentu yang menjadi perhatian pemerintah, salah satunya sektor konstruksi.