Logo Bloomberg Technoz

Menurutnya, sebanyak Rp120 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) seharusnya dialokasikan untuk penanganan kemiskinan, pendidikan, dan infrastruktur.

"Angkanya lagi di hitung tapi angkanya pasti lebih besar dari Rp119 triliun. Jadi ruangnya kita untuk bangun sekolah, [mengatasi] stunting, untuk transportasi publik, infrastruktur makin berkurang, kalau kita selalu jadi asap, " sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, menurut Rachmat, harga BBM untuk konsumen di Indonesia termasuk yang termurah di dunia, jika dibandingkan dengan Rusia dan Arab Saudi.

"Mereka [Rusia dan Arab] adalah oil super power, we are not. Jadi hari ini kita impor banyak, mungkin ini adalah legasi waktu dahulu zaman kita masih pernah jadi eksportir minyak dari zaman awal-awal migas itu kita produsen," pungkasnya. 

Untuk diketahui, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) dalam laporan bertajuk Buletin Statistik Perdagangan Luar Negeri Impor Mei 2024, volume impor minyak mentah Indonesia sebesar 6,47 juta ton pada Januari hingga Mei 2024.

Sementara itu, total berat bersih volume ekspor minyak mentah Indonesia sebesar 2,84 juta ton pada Januari hingga 24 Juli 2024.

(prc/wdh)

No more pages