Logo Bloomberg Technoz

Konsumsi Rumah Tangga 'Cuma' Tumbuh 4,9%, Airlangga Klaim Normal

Azura Yumna Ramadani Purnama
05 August 2024 17:10

Airlangga Hartarto. (Dok: Bloomberg)
Airlangga Hartarto. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto mengklaim pertumbuhan konsumsi rumah tangga sebesar 4,9% merupakan angka yang tinggi meskipun masih di bawah angka pertumbuhan nasional.

Airlangga menyebut memang tidak seluruh sektor usaha tumbuh di atas pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,05% (yoy) pada kuartal II-2024. Dengan demikian, Airlangga menyatakan pertumbuhan konsumsi rumah tangga sebesar 4,93% dan masih berada di bawah pertumbuhan ekonomi nasional merupakan hal yang normal.

“Tidak semua sektor di bawah pertumbuhan ekonomi nasional [seperti] manufaktur, yang di bawah pertumbuhan ekonomi nasional hanya beberapa sektor. Sektor yang loncat di atas itu termasuk konstruksi, makanan-minuman, dan lain-lain. Jadi itu hal normal, tapi kami lihat seluruhnya positif,” ucap Airlangga dalam konferensi pers di kantornya, Senin (5/8/2024).

Ia juga mengklaim pertumbuhan konsumsi rumah tangga relatif tinggi jika dibandingkan dengan negara lain, terlebih sektor tersebut masih menjadi sektor yang berkontribusi dominan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) RI di kuartal II-2024.

“[Kontribusi] konsumsi masih 54,3% dari total PDB. Konsumsi ini tentu kemarin kami didorong Ramadan, Idulfitri, dan kegiatan mobilitas masyarakat termasuk kegiatan-kegiatan di hotel, restoran, dan cafe,” pungkasnya.