Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani Sebut Kenaikan Gaji PNS 2025 Bergantung Prabowo

Azura Yumna Ramadani Purnama
05 August 2024 15:10

Ilustrasi PNS. (Dok. jakarta.go.id)
Ilustrasi PNS. (Dok. jakarta.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kepastian gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada 2025 akan naik atau tidak bergantung pada keputusan Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Hal itu, ia ungkap saat memberikan keterangan pers usai rapat terbatas Rencana Kerja Pemerintah dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja (RAPBN) 2025 di Istana Negara, Senin (5/8/2024).

“[Kenaikan gaji PNS] nanti juga presiden terpilih akan menyampaikan ya,” ucap Sri Mulyani saat konferensi pers di Istana Negara yang disiarkan secara virtual melalui Youtube/Sekretariat Presiden.

Seperti diketahui rencana kenaikan gaji PNS terutang dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2025 dan Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025.

"Meningkatkan kualitas belanja pegawai dengan tetap menjaga konsumsi aparatur negara, antara lain melalui pemberian THR dan Gaji/Pensiun ke-13 dan penyesuaian gaji ASN," demikian tertulis dalam dokumen KEM-PPKF 2025 terkait rencana kebijakan belanja pegawai 2025.