Logo Bloomberg Technoz

Sederet PR Besar Satgas Hulu Migas Pimpinan Luhut Pandjaitan

Dovana Hasiana
05 August 2024 12:50

Rig minyak di tengah laut./Bloomberg-Gaby Oraa
Rig minyak di tengah laut./Bloomberg-Gaby Oraa

Bloomberg Technoz, Jakarta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan satuan tugas (satgas) hulu minyak dan gas bumi (migas), yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, bakal memiliki tugas utama untuk mengevaluasi proses investasi yang ada di Indonesia.

Nantinya, Arifin menjelaskan, satgas hulu migas tersebut bakal mengkalibrasi apakah proses investasi di Indonesia mampu menjadi daya tarik bagi investor, atau justru malah menjadi daya tolak karena mempersulit.

“Ya [tugasnya] mengevaluasi sendiri proses-proses itu, [apakah] mempersulit, lambat, [apakah] menjadi daya tarik atau daya tolak untuk investor migas,” ujar Arifin saat ditemui di Kantor Ditjen Migas, dikutip Senin (5/8/2024).

Menurut Arifin, satgas hulu migas itu perlu dibentuk lintas kementerian karena kebijakan dan peraturan di sektor hulu migas tidak hanya berkaitan dengan Kementerian ESDM, tetapi juga kementerian lain seperti Kementerian Keuangan dari sisi kebijakan fiskal.

Dengan demikian, satgas hulu migas tersebut bakal mengkoordinasikan tugas dari masing-masing kementerian untuk menyelesaikan hambatan (bottleneck) dalam proses investasi hulu migas. 

Menteri ESDM Arifin Tasrif di sela peluncuran BBM Satu Harga di Sorong, Papua Barat Daya./Bloomberg Technoz-Sultan Ibnu Affan