Logo Bloomberg Technoz

Demi Keamanan, AS Berencana Batasi Software China di Mobil Otonom

News
05 August 2024 10:40

Ilustrasi mobil otonom. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi mobil otonom. (Sumber: Bloomberg)

Yian Lee - Bloomberg News

Bloomberg, AS kemungkinan akan mengusulkan larangan perangkat lunak (software) China dalam kendaraan otonom dalam beberapa minggu mendatang, di tengah kekhawatiran keamanan.

Menurut laporan Reuters mengutip sumber yang tak disebutkan identitasnya, pemerintahan Biden berencana mengusulkan aturan yang akan melarang perangkat lunak China dalam kendaraan di Amerika dengan otomatisasi Level 3 dan di atasnya. Ini secara efektif juga akan melarang pengujian di jalan-jalan AS untuk kendaraan otonom yang diproduksi oleh perusahaan China, menurut laporan tersebut.

AS telah berupaya membatasi masuknya kendaraan listrik buatan China, dengan mengenakan tarif lebih dari 100%. Undang-undang energi bersih Presiden Joe Biden mempersulit produsen mobil untuk menggunakan baterai yang diproduksi di China. Dengan meningkatnya ketegangan antara Washington dan Beijing, kekhawatiran tersebut kini merembet ke perangkat lunak kendaraan otonom China.

Pemerintah khawatir bahwa kendaraan pintar yang menggunakan perangkat lunak China dapat mengumpulkan data sensitif tentang warga negara AS dan infrastruktur, serta mengirim data tersebut ke China.