Logo Bloomberg Technoz

Pergerakan aset kripto lain mayoritas turun drastis, seperti Solana -12,7% ke US$126,96, XRP -15,8% ke US$046, Avalanche -18,1% ke US$18,6, Shiba Uno -17% ke US$0,000011, Polygon Matic -18,5% ke US$0,37.

Bitcoin juga lebih terpapar langsung pada naik turunnya pemilihan presiden AS, kata para analis, mengingat posisinya yang potensial sebagai aset haven dan sebagai bagian dari janji utama untuk kampanye kandidat Partai Republik Donald Trump.

Sinyal penurunan suku bunga oleh Bank Sentral AS (The Fed) pada pekan lalu turut menekan aset kripto, dengan pasar dapat memperkirakan penurunan pasar yang lebih luas sebelum hal itu terjadi.

"Pasar sedang memasuki fase risk-off di mana uang mencari tempat yang aman. Bitcoin sekarang menjadi pertimbangan yang lebih utama dalam kategori ini daripada sebelumnya, seiring dengan semakin matangnya lanskap ETF dan peraturan," jelas Youwei Yang, kepala ekonom di BIT Mining dilansir dari Bloomberg News, Senin. 

Meski demikian sinyal terkuat pada posisi terakhir pun tidak bisa menjadi acuan. "Secara keseluruhan, likuiditas uang panas pasar belum cukup untuk menopang pasar bullish yang besar, yang mungkin akan diikuti oleh akumulasi penurunan suku bunga," Yang menambahkan.

-Dengan asistensi Emily Nicolle dari Bloomberg News.

(wep)

No more pages