Logo Bloomberg Technoz

Saat ada pesan yang sudah terbuka dan dibaca, Anda harus berhati-hati. Ini bisa jadi pertanda akun Anda telah dibajak.

4. Pesan Terkirim Sendiri

Ciri ini sama seperti sebelumnya. Waspadalah jika tiba-tiba ada pesan yang terkirim sendiri padahal Anda tak pernah mengirimkannya.

5. Status WA Asing

Terdapat status WA yang tiba-tiba muncul, padahal bukan dibuat oleh pengguna sendiri.

6. Melakukan Panggilan Telepon

Terdapat panggilan telepon asing di WhatsApp yang bukan dibuat oleh pengguna sendiri.

Solusi WhatsApp Disadap

Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Untuk mencegah jadi korban penyadapan, aktifkan fitur keamanan WhatsApp, verifikasi dua langkah. Dengan cara ini, pelaku kejahatan tak bisa mengakses WhatsApp karena tak mengetahui kode yang digunakan. Berikut cara mengaktifkannya:

  1. Klik opsi tiga titik di pojok kanan atas.

  2. Masuk ke Settings, lalu menuju Account dan klik Two-Step Verification.

  3. Tekan Enable.

  4. Masukkan enam kode yang Anda inginkan.

  5. Jangan lupa masukkan alamat email untuk memulihkan kode saat lupa.

Lapor ke WhatsApp

Saat mengetahui akun telah diretas, langsung nonaktifkan akun segera. Pengguna bisa menghubungi email dukungan WhatsApp di support@whatsapp.com dengan keyword "Lost/stolen: please deactivate my account" di badan email untuk menonaktifkan akun.

Pengguna bisa menyampaikan detail kronologi kejadian, termasuk kapan dan kemungkinan bagaimana akun diretas. Pengguna punya waktu 30 hari untuk mengaktifkan kembali akun sebelum dihapus selamanya.

Log in Ulang

Anda bisa instal ulang WhatsApp untuk menangani penyadapan. Ini dapat dilakukan jika pengguna telah menekan tombol persetujuan memindahkan akun. Perlu diingat, instal ulang dengan nomor yang telah terdaftar sebelumnya. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kode OTP yang dikirimkan ke nomor tersebut.

Kunci Layar Akun WhatsApp

Cara terakhir adalah mengunci layar seperti yang ada pada perangkat Android. Jadi tidak ada orang lain yang bisa mengaksesnya. Caranya buka menu Pengaturan > Privasi > pilih opsi Kunci Layar > Pindai sidik jari.

Rajin Cek WhatsApp Web

Selain itu, pengguna juga perlu rajin untuk memeriksa perangkat lain yang login menggunakan WhatsApp versi web. Apabila ada perangkat yang tidak dikenal segera keluarkan. Ini cara mengecek perangkat yang terhubung lewat WhatsApp Web:

  1. Tekan opsi tiga titik di pojok kanan atas.

  2. Klik WhatsApp Web.

  3. Berikutnya akan terlihat daftar perangkat yang terhubung dengan akun WhatsApp Anda.

  4. Pilih Keluar dari semua perangkat.

Penyadapan WhatsApp adalah ancaman serius yang dapat membahayakan privasi dan keamanan data Anda. Mengenali tanda-tanda penyadapan dan mengambil langkah-langkah pencegahan seperti verifikasi dua langkah dan rajin memeriksa WhatsApp Web adalah kunci untuk menjaga akun Anda tetap aman. Jika akun Anda sudah diretas, segera laporkan ke WhatsApp dan ikuti langkah-langkah pemulihan yang tersedia.

(red)

No more pages