Logo Bloomberg Technoz

Penyadapan WhatsApp: Tanda, Bahaya, dan Solusi

Referensi
05 August 2024 08:25

Ilustrasi Whatsapp (Dok. Bloomberg)
Ilustrasi Whatsapp (Dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Di tengah perkembangan teknologi, pelaku kriminal semakin banyak beraksi di ruang digital. Salah satu aplikasi yang diincar oleh para penjahat siber adalah WhatsApp.

Perlu diketahui, penyadapan WhatsApp terbilang berbahaya. Bukan hanya pelaku bisa mengetahui privasi Anda, tetapi juga WhatsApp banyak digunakan untuk menerima One Time Password (OTP) dari berbagai aplikasi, termasuk belanja online dan finansial.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, ada sejumlah tanda yang bisa Anda sadari saat WhatsApp dibajak atau disadap. Selain itu, ada cara untuk menghentikan penyadapan yang terjadi pada WhatsApp. Artikel ini akan membahas tanda-tanda WhatsApp yang disadap, serta solusi untuk mengatasinya.

Tanda-Tanda WhatsApp Disadap

1. OTP (One Time Password)

One Time Password (OTP) merupakan enam angka kode dan biasanya dikirimkan ke SMS saat akan mengakses WhatsApp. Artinya, jika ada pesan yang masuk ada yang berusaha masuk ke akun WhatsApp Anda. Jangan pernah memberikan kode OTP ini pada siapapun.

2. Keluar dari WhatsApp

Salah satu ciri yang bisa dikenali adalah tiba-tiba keluar dari WhatsApp. Ini bisa menjadi tanda bahwa ada perangkat lain yang mencoba masuk ke akun WhatsApp Anda. Anda bisa mengetahui perangkat lain itu dengan menekan ikon tiga titik dan pilih WhatsApp Web.

3. Pesan Terbaca