Logo Bloomberg Technoz

“Eskalasi lebih jauh di Timur Tengah membuktikan bagaimana harga gas TTF bisa melonjak hanya dalam sehari,” tegas Florence Schmidt, Energy Strategist di Rabobank, seperti diberitakan Bloomberg News.

Saat harga gas alam makin mahal, maka keuntungan beralih ke batu bara menjadi meningkat. Permintaan batu bara naik, harga pun mengikuti.

Analisis Teknikal

Bagaimana proyeksi harga batu bara untuk hari ini? Apakah masih bisa naik lagi?

Secara teknikal dengan perspektif harian (daily time frame), batu bara masih bertengger di zona bullish. Terlihat dari Relative Strength Index (RSI) yang sebesar 76,42. RSI di atas 50 menunjukkan suatu aset sedang dalam posisi bullish.

Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa indikator Stochastic RSI sudah menyentuh angka 100. Paling tinggi, sudah sangat jenuh beli (overbought).

Dengan begitu, harga batu bara mungkin akan masuk fase konsolidasi. Cermati pivot point di US$ 140/ton. Penembusan di titik ini akan membuat target support US$ 139-132/ton terkonfirmasi.

Sedangkan target resisten terdekat adalah US$ 147/ton. Jika tertembus, maka harga batu bara berpotensi melesat menuju US$ 154/ton.

(aji)

No more pages