Logo Bloomberg Technoz

Bos BI Ungkap 3 Poin Perkuat Ekonomi & Keuangan Syariah

Muhammad Fikri
04 August 2024 18:00

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. (Dok: Bloomberg)
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menekankan tiga poin penting untuk memperkuat digitalisasi ekonomi dan keuangan dengan prinsip syariah.

Tiga poin tersebut bertujuan untuk memperkuat aspek kewirausahaan, sebagai orientasi bagi kemanfaatan masyarakat, dan mendorong fleksibilitas penggunaan teknologi dengan memanfaatkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Poin pertama yakni, memperkuat aspek kewirausahaan untuk mengembangkan ekosistem ekonomi syariah. Caranya, dengan mengembangkan industri halal melalui digitalisasi proses sertifikasi halal, serta memfasilitasi layanan transaksi jual beli secara elektronik untuk menjual produk halal.

“Mendorong tumbuhnya crowdfunding syariah, dan penguatan data analytics serta market research untuk perumusan kebijakan strategis.” kata Perry melalui siaran tertulis, Minggu (4/8/2024).

Poin kedua yang perlu diperhatikan adalah berorientasi bagi kemanfaatan masyarakat luas dengan pengembangan inklusi keuangan  perluasan akses kepada lembaga keuangan Islam dalam menggunakan platform digital dan penguatan program literasi digital.