Logo Bloomberg Technoz

"Tidak diragukan lagi ini adalah kapal pengangkut LNG," kata Mehdy Touil, spesialis utama LNG di Calypso Commodities. "Suar besar mengindikasikan dimulainya kembali fasilitas tersebut."

Novatek tidak menanggapi permintaan komentar di luar jam kerja normal.

AS memberlakukan sanksi pada November untuk mencegah dimulainya ekspor dari Arctic LNG 2. Sementara itu, fasilitas tersebut mulai berproduksi pada Desember, tidak ada LNG yang dikirim karena pembatasan membuat perusahaan asing menjauh dan menghentikan pengiriman kapal pengangkut khusus yang siap untuk es.

Hal itu menjadikan gas sebagai area utama di mana sanksi Barat telah memberikan dampak langsung dan nyata pada ekonomi Rusia di masa perang. Hal itu juga mendorong Rusia untuk mulai bekerja menciptakan armada kapal alternatif untuk mengangkut gasnya — seperti yang terjadi pada minyak.

Kapal yang terlihat pada citra satelit tidak terdaftar pada data pelacakan yang dikumpulkan oleh Bloomberg, fitur umum kapal "armada gelap", yang sering kali memalsukan lokasi mereka di tempat lain atau mematikan transponder untuk menghindari pelacakan. Kapal itu pertama kali ditemukan oleh situs web maritim gCaptain.

Sejumlah kapal telah dikumpulkan oleh perusahaan tak dikenal di Dubai, yang merupakan ciri khas kapal armada gelap dan mirip dengan apa yang telah dilakukan Moskow di pasar minyak.

Cuaca musim panas yang lebih hangat telah menghilangkan es dari jalur air di sekitar Arctic LNG 2, menurut data satelit, yang akan memudahkan kapal LNG tradisional untuk melintas.

(bbn)

No more pages