Logo Bloomberg Technoz

Warren Buffett Jual Hampir 50% Kepemilikan Saham Apple

News
04 August 2024 11:00

Warren Buffett. (Dok: Bloomberg)
Warren Buffett. (Dok: Bloomberg)

Amanda Cantrell dan Katherine Chiglinsky - Bloomberg News

Bloomberg, Berkshire Hathaway Inc memangkas kepemilikan sahamnya di Apple Inc hampir sebesar 50% sebagai bagian dari penjualan besar-besaran pada kuartal kedua, yang membawa tumpukan uang tunai miliarder Warren Buffett mencapai rekor US$276,9 miliar (setara Rp4.479 triliun).

Secara keseluruhan, Berkshire menjual saham senilai US$75,5 miliar (Rp1.221 triliun) secara net pada periode tersebut, menurut laporan konglomerat yang berbasis di Omaha, Nebraska itu pada Sabtu (03/08/2024). Pendapatan operasional naik menjadi US$11,6 miliar, naik dari US$10 miliar untuk periode yang sama tahun lalu.

Buffett sedang menjual saham ketika indeks saham S&P 500 meroket, mencapai rekor tertinggi pada pertengahan Juli, meskipun indeks tersebut telah menurun dalam tiga minggu terakhir karena kekhawatiran bahwa euforia kecerdasan buatan telah berlebihan. Pada Jumat (02/08/2024), data tenaga kerja yang lemah menggarisbawahi risiko penurunan ekonomi, dan S&P turun 1,8%.

"Anda dapat menyimpulkan ini adalah sinyal jual lainnya," kata Jim Shanahan, seorang analis di Edward Jones yang mencakup Berkshire. "Ini adalah tingkat aktivitas penjualan yang jauh lebih tinggi dari yang kami perkirakan."