Logo Bloomberg Technoz

Upaya Trump Membatalkan Dakwaan Terkait Pemilu 2020 Ditolak Hakim

News
04 August 2024 09:00

Donald Trump./Bloomberg-Al Drago
Donald Trump./Bloomberg-Al Drago

Zoe Tillman - Bloomberg News

Bloomberg, Menurut keputusan hakim federal, Donald Trump gagal membuktikan bahwa dakwaan federal terhadapnya karena mencoba membatalkan hasil pemilihan tahun 2020 adalah upaya yang tidak pantas dan bermotivasi politik oleh pemerintahan Biden guna melemahkan pencalonannya ke Gedung Putih. Trump “hanya memberikan spekulasi dan pendapatnya bahwa pemerintah mendakwanya” karena alasan politik, tulis Hakim Distrik AS Tanya Chutkan dalam keputusan yang dirilis Sabtu (03/08/2024) malam. Dia menolak permintaan Trump untuk membatalkan dakwaan tersebut.

Keputusan tersebut menandai keputusan besar pertama Chutkan dalam kasus ini dalam beberapa bulan terakhir, dan datang satu hari setelah hakim yang berbasis di Washington itu mendapatkan kembali kewenangan atas berkas dari Mahkamah Agung AS. Penuntutan telah ditangguhkan sementara mantan presiden dan kantor Penasihat Khusus Jack Smith berjuang di pengadilan tinggi mengenai apakah Trump kebal terhadap tuntutan.

Dalam keputusan 6:3 bulan lalu, mayoritas hakim memutuskan bahwa Trump terlindungi dari tuntutan setidaknya untuk beberapa tuduhan, dan menetapkan standar yang lebih tinggi untuk kapan seorang presiden dapat didakwa atas tindakan yang mereka ambil saat menjabat. Mereka mengirim kembali kasus tersebut ke Chutkan untuk dipertimbangkan apakah bagian lain dari dakwaan melibatkan tindakan resmi oleh Trump yang dilindungi oleh kekebalan hukum.

Pada Sabtu, Chutkan menetapkan sidang pada 16 Agustus untuk membahas langkah-langkah selanjutnya dan memerintahkan para pihak untuk mengajukan laporan pada 9 Agustus dengan usulan jadwal.