Logo Bloomberg Technoz

Program Makan Siang Gratis Senilai Rp450 T Sasar 82 Juta Orang

Dovana Hasiana
03 August 2024 15:00

Siswa makan siang bersama saat simulasi program makan siang di SMPN 2 Curug, Kab. Tangerang, Kamis (29/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Siswa makan siang bersama saat simulasi program makan siang di SMPN 2 Curug, Kab. Tangerang, Kamis (29/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo mengatakan program makanan bergizi gratis pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berupa sarapan dan makan siang. 

Total anggaran diperkirakan mencapai Rp450 triliun, namun bisa memperbaiki gizi 82 juta jiwa. Para target program tersebut adalah sekitar 30 juta anak pra sekolah, 48 juta anak sekolah, dan 4 juta orang ibu hamil.

“Biaya untuk menyelenggarakan program gratis untuk 82 juta jiwa setiap hari Rp450 triliun,” ujar Hashim dalam sambutannya secara daring di Dialog Nasional Program Makanan Bergizi, Sabtu (3/8/2024). 

Dia mengklaim, program ini sudah dibahas oleh Prabowo sejak 2006, sebelum mendirikan Partai Gerindra. Hal ini didasarkan pada tingginya angka stunting di Indonesia saat itu yang mencapai 30%.

Target sasaran program makanan bergizi gratis ini, menurut Hashim, akan menampik seluruh tuduhan yang selama ini dilayangkan kepada Prabowo dan Gibran. Pemerintah selanjutkan diklaim akan membuktikan program yang awalnya bertajuk makan siang gratis tersebut bukan pemborosan anggaran negara.