Logo Bloomberg Technoz

BPOM: Vaksin Polio Penuhi Syarat Keamanan, Izin Edar 2023

Dovana Hasiana
03 August 2024 14:00

Ilustrasi Vaksin. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Vaksin. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan vaksin polio–yang merupakan Vaksin Novel Oral Poliomyelitis Vaccine Type 2 (nOPV2) dan diproduksi PT Bio Farma–telah memenuhi persyaratan keamanan, khasiat, dan mutu, serta diberikan persetujuan izin edar pada Desember 2023. 

Dengan demikian, vaksin ini aman digunakan dalam program Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio.

Adapun, vaksin polio tersebut sudah melalui uji klinik fase 1, 2, dan 3 serta dievaluasi oleh BPOM bersama Komite Nasional (Komnas) Penilai Obat. 

“Anggota Komnas Penilai Obat merupakan para pakar dengan berbagai bidang keahlian yang berasal dari perguruan tinggi, rumah sakit, Ikatan Dokter Indonesia [IDI], Ikatan Dokter Anak Indonesia [IDAI], Indonesia Technical Advisory Group of Immunization [ITAGI], dan asosiasi klinisi lainnya,” sebagaimana dikutip melalui keterangan resmi BPOM, dikutip Sabtu (3/8/2024). 

Selain itu, BPOM menyatakan vaksin ini juga telah memenuhi standar prequalification (PQ) World Health Organization dalam hal mutu, keamanan, dan efektivitas, termasuk memenuhi standar Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dan Cara Uji Klinik yang Baik (CUKB).